Gempa M 6 Guncang Barat Daya Pacitan: Begini Penjelasan BMKG!

gempa pacitan
gempa pacitan

GERUBOK News – Pada Kamis (8/6) dini hari, gempa bumi dengan magnitudo 6 mengguncang wilayah barat daya Pacitan, Jawa Timur.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa ini terjadi pada pukul 00.04 WIB dan tidak berpotensi tsunami.

Gempa tersebut terjadi di laut dengan kedalaman 10 kilometer (km) pada koordinat 9,15 Lintang Selatan dan 110,69 Bujur Timur, tepatnya 117 km di barat daya Pacitan. Meskipun tidak berpotensi tsunami, BMKG mengeluarkan peringatan agar masyarakat tetap waspada terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi.

Guncangan Gempa Pacitan

Guncangan gempa ini dirasakan hingga ke Yogyakarta dengan Skala V Mercalli (MMI). Di daerah lain, seperti Semarang, Jepara, Ponorogo, Karangkates, Kepanjen, Nganjuk, Madiun, Sukorejo, Demak, dan Banjarnegara, guncangan gempa mencapai Skala III hingga IV MMI.

Skala V MMI menunjukkan bahwa getaran gempa dirasakan oleh hampir semua penduduk. Orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, dan bandul lonceng dapat berhenti.

Sementara itu, skala IV MMI menunjukkan bahwa getaran dirasakan oleh banyak orang dalam rumah, beberapa orang di luar, gerabah pecah, jendela/pintu berderik, dan dinding berbunyi. Skala III MMI menandakan bahwa getaran dirasakan nyata dalam rumah, seolah-olah ada truk berlalu. Skala II MMI menunjukkan bahwa getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Salah satu warga di area Malioboro, Yogyakarta, Krisna (25), mengungkapkan pengalaman saat gempa terjadi, “Gempa terasa pas aku lagi di toilet warkop. Air di ember gerak terus, orang-orang di luar mulai teriak gempa. Aku langsung keluar dari warkop.” Meskipun gempa ini terasa kuat, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan yang disebabkan oleh gempa tersebut.


Ikuti kami di Google News.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *