Erdogan Terpilih Kembali sebagai Presiden,Lira Turki Terjun Bebas

kemenangan erdogan
kemenangan erdogan

GERUBOK Dunia – Pada Minggu (28/5), Presiden Recep Tayyip Erdogan berhasil memenangkan kembali pemilihan presiden di Turki.

Namun, kemenangan ini diiringi dengan penurunan drastis nilai mata uang nasional, Lira Turki, yang mencapai rekor terendahnya terhadap dolar AS.

Krisis Ekonomi dan Penurunan Nilai Lira Turki

Lira Turki telah mengalami penurunan nilai yang signifikan selama beberapa tahun terakhir. Sejak awal tahun, mata uang ini melemah lebih dari 6%, sementara dalam satu dekade terakhir, nilai Lira Turki telah turun lebih dari 90%.

Kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk siklus boom dan bust yang berulang, inflasi yang tinggi, serta krisis mata uang.

Baca Juga: Erdogan Memastikan Kemenangan yang Menghebohkan dalam Pemilihan Turki, Menggemparkan Para Pengkritik

Setelah krisis ekonomi pada tahun 2021, pemerintah Turki telah mengambil tindakan yang semakin aktif di pasar valuta asing. Namun, upaya ini tidak sepenuhnya berhasil, karena cadangan devisa dan emas negara ini menyusut.

Kondisi ini menciptakan tekanan yang berat pada Lira Turki, terutama karena cadangan devisa yang terbatas dan suku bunga riil yang sangat negatif.

Kemenangan Erdogan dan Dampaknya

Meskipun kondisi ekonomi yang memburuk, Erdogan berhasil memenangkan pemilihan presiden sekali lagi. Kebijakan ekonomi yang tidak ortodoks yang diterapkan oleh Erdogan selama bertahun-tahun telah menjadi sorotan kritikus.

Penampilannya yang mengejutkan di putaran pertama pemilihan dua minggu lalu telah memicu aksi jual obligasi internasional Turki dan meningkatnya biaya paparan utangnya.

Dalam pidato kemenangannya, Erdogan mengakui bahwa inflasi merupakan masalah yang mendesak. Ia menyatakan bahwa inflasi akan turun dalam waktu dekat berkat pemotongan suku bunga bank sentral menjadi 8,5% dari 19% dua tahun lalu.

Jangan Lewatkan: Erdogan Meluapkan Kemarahannya Karena Partai Kurdistan Dukung Kilicdaroglu di Pilpres Turki

Namun, para analis meragukan sejauh mana perubahan ekonomi yang akan diimplementasikan oleh pemerintahan baru Erdogan. Mereka percaya bahwa Erdogan tidak akan mengadopsi pendekatan ekonomi ortodoks secara langsung, tetapi mungkin akan membuat beberapa penyesuaian terhadap pendekatan heterodoks saat ini untuk mendapatkan dukungan menjelang pemilihan lokal pada Maret 2024.

Dampak Terhadap Pasar dan Perdagangan

Diperkirakan bahwa dampak kemenangan Erdogan dan penurunan nilai Lira Turki akan terasa pada pasar keuangan. Pasar perdagangan di Eropa dan Amerika Serikat kemungkinan akan berlangsung dengan tipis karena banyaknya liburan yang berlangsung.

Dalam beberapa waktu ke depan, pasar akan memperhatikan perkembangan ekonomi Turki dan kebijakan yang akan diambil oleh pemerintahan baru Erdogan.(B)


Ikuti Kami di Google News.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *