Rahasia Rambut Sehat dan Berkilau di Usia 40-an: Tips Perawatan yang Efektif

Rahasia Rambut Sehat dan Berkilau di Usia 40an Tips Perawatan yang Efektif
Rambut Sehat Maria Vania. (foto: instagram)

GERUBOK lifestyle | Kondisi rambut sehat anda biasanya mengalami perubahan setelah memasuki usia 40-an, selain perubahan pada kulit. Bagaimana cara menjaga kesehatan dan keindahan rambut di usia tersebut? Mari kita simak di sini!

Pertahankan Hidrasi Rambut

Seiring bertambahnya usia, tekstur rambut cenderung menjadi kering dan rapuh. Oleh karena itu, penting untuk menjaga hidrasi rambut dengan menggunakan produk yang melembapkan, seperti Rated Green Real Shea Moisture Recharging Hair Serum dan Moist Diane Extra Moist and Shine Treatment. Selain itu, pastikan juga asupan air mineral harian tercukupi, karena kekurangan air tidak hanya memengaruhi kulit, tetapi juga membuat rambut kering dan rapuh.

Hindari Keramas Berlebihan

Keramas penting untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala, tetapi tidak perlu keramas setiap hari jika kulit kepala masih bersih. Keramas berlebihan justru dapat membuat kulit kepala dan rambut menjadi kering karena minyak alami terbuang. Menurut dokter kulit Elizabeth Hughes, orang yang berusia 40-an dan 50-an sebaiknya menghindari keramas yang berlebihan karena dapat merusak kulit kepala. Jika khawatir dengan bau rambut, kamu dapat mencoba hair mist seperti Pink Pepper & Lychee Hair & Body Mist dari The Body Shop dan Meteor Shower Antibacterial Hair Mist dari Runa.

Styling Rambut dengan Bijaksana

Menata rambut dengan alat styling dapat merusak rambut yang sudah lebih rapuh pada usia 40-an. Penggunaan catokan atau pengikatan rambut secara terus-menerus dapat menyebabkan kerontokan rambut (traction alopecia). Pengering rambut yang menggunakan panas tinggi juga harus dihindari. Jika menggunakan pengering rambut, pilihlah yang dapat diatur suhu panasnya agar tidak terlalu panas.

Jaga Kesehatan Kulit Kepala

Kesehatan kulit kepala berdampak pada kondisi rambut. Kulit kepala yang sehat akan mencegah kerontokan berlebihan, ketombe, gatal, dan iritasi, sehingga rambut dapat tumbuh lebih kuat, berkilau, dan merangsang pertumbuhannya. Penting untuk menjaga kebersihan kulit kepala dan menggunakan produk perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit kepala.

Konsumsi Suplemen Tambahan

Produksi minyak alami dan kolagen dalam tubuh akan berkurang seiring bertambahnya usia. Padahal, kolagen juga penting untuk pertumbuhan rambut yang kuat dan tebal. Mengonsumsi suplemen tambahan yang mengandung kolagen dapat membantu memenuhi kebutuhan rambut. Beberapa suplemen yang dapat dipertimbangkan adalah Youvit Collagen Gummy dan Realfood Jelly Flawless.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh beauty enthusiast untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut di usia 40-an. Semoga informasi ini bermanfaat!


Temukan Berita Terkini, Berita Terbaru, Berita Viral dan Berita Hari Ini dari gerubok lainnya di Google News.