Kanker  

Waspada! Ternyata Kanker Payudara Juga Menyerang Pria, Bahkan Lebih Ganas

kanker payudara pria
Ilustrasi kanker payudara pada pria. (ShutterStock)

GERUBOK health | Tak hanya menyerang perempuan, pria ternyata juga bisa menderita kanker payudara. Bahkan kanker payudara pada pria lebih ganas ketimbang kanker payudara pada wanita.

Melansir dari Kompas, Dokter spesialis bedah onkologi, Walta Gautama mengatakan kanker payudara pada laki-laki bisa menempel langsung pada kulit dan otot. Hal tersebut yang menyebabkan bisa lebih berbahaya.

Penting bagi para pria untuk meningkatkan kesadaran akan risiko ini, mengenal tanda dan gejala serta mewaspadainya. Selain itu juga mengatasi stigmatisasi yang masih melekat pada pria yang terkena penyakit ini.

Prevalensi dan Faktor Risiko

Meskipun kanker payudara pada pria lebih jarang terjadi ketimbang pada wanita, bukan berarti kita boleh mengabaikannya. Prevalensi pria yang menderita penyakit ini diperkirakan hanya sekitar 1 persen dari semua kasus kanker payudara.

Namun, karena kurangnya kesadaran akan risiko ini, diagnosa seringkali terlambat sehingga pengobatan menjadi lebih sulit.

Faktor Risiko

Usia: Risiko semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Sebagian besar kasus kanker payudara pada pria terjadi setelah usia 60 tahun.
Riwayat keluarga: Jika ada anggota keluarga laki-laki yang terdiagnosis kanker payudara, maka risiko seorang pria untuk mengembangkan penyakit ini meningkat.
Mutasi genetik: Mutasi pada gen BRCA1 dan BRCA2 dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada pria, meskipun dalam tingkatan yang lebih rendah daripada pada wanita.
Terpapar radiasi: Terpapar radiasi pada dada, seperti dalam pengobatan kanker sebelumnya, dapat meningkatkan risiko ini pada pria.
Gangguan hormon: Kondisi medis tertentu, seperti ginekomastia (pembesaran kelenjar payudara pada pria) dan penggunaan hormon estrogen, dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada pria.

Gejala dan Deteksi Dini

Gejala awalnya seringkali mirip dengan gejala yang dialami oleh wanita. Beberapa gejala yang perlu diwaspadai antara lain:

Pembengkakan atau benjolan pada payudara atau di sekitarnya.
Perubahan bentuk atau ukuran payudara.
Ruam atau kulit yang mengkerut pada atau sekitar puting susu.
Nyeri atau ketidaknyamanan pada payudara atau puting susu.
Deteksi dini memainkan peran penting dalam memastikan penanganan kanker payudara yang berhasil. Pemeriksaan sendiri secara teratur dan kunjungan ke dokter akan membantu mengenali gejala yang muncul. Jika ada perubahan atau gejala yang mencurigakan, dokter dapat merekomendasikan pemeriksaan lanjutan, seperti mammografi, ultrasonografi, atau biopsi.

Pengobatan

Penyakit ini dapat diobati dengan pendekatan yang sama seperti pada wanita, termasuk pembedahan, radioterapi, kemoterapi, dan terapi hormon. Pengobatan akan disesuaikan dengan stadium kanker, ukuran tumor, dan keadaan kesehatan secara keseluruhan.

Selain pengobatan medis, dukungan sosial dan emosional juga penting dalam perjalanan pasien ini. Menghadapi kanker payudara bisa menjadi pengalaman yang menantang secara mental dan emosional. Berbicara dengan keluarga, teman, atau bergabung dalam kelompok dukungan dapat memberikan bantuan dan pemahaman yang sangat dibutuhkan.

Mengatasi Stigmatisasi

Salah satu tantangan yang dihadapi oleh pria yang terkena penyakit ini adalah stigmatisasi sosial. Masyarakat masih seringkali menganggapnya sebagai penyakit yang hanya menyerang wanita, dan ini dapat mempengaruhi perasaan harga diri dan kepercayaan diri seseorang yang terserang.

Penting bagi kita untuk mengatasi stigmatisasi ini dengan meningkatkan kesadaran akan kanker payudara ini, mendukung penderita yang terkena dampaknya, dan menyediakan ruang yang aman bagi mereka untuk berbagi pengalaman mereka.

Melalui edukasi yang lebih luas dan dukungan yang lebih baik, kita dapat membantu mengatasi stigma yang terkait dengan kanker payudara pada pria dan memberikan dukungan yang diperlukan bagi mereka yang terkena dampaknya.

Ingatlah, kanker payudara tidak mengenal batasan gender, dan setiap orang perlu mengetahui risiko dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat untuk menjaga kesehatan payudara mereka.


Temukan Berita Terkini, Berita Terbaru, Berita Viral, Berita Kesehatan dan Berita Hari Ini dari gerubok lainnya di Google News.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *