Cara Mengatasi Mulut Pahit dan Ketahui Apa Penyebabnya?

mulut pahit
Ilustrasi Lidah. (foto: pexels/oleg/net)

GERUBOK health | Mulut pahit adalah kondisi yang umum terjadi di mana seseorang merasakan sensasi pahit yang tidak menyenangkan di dalam mulut, bahkan setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang seharusnya memiliki rasa yang enak.

Kondisi ini dapat mengganggu kenyamanan sehari-hari dan dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius.

Artikel ini akan membahas penyebab mulut pahit yang umum dan memberikan beberapa cara untuk mengatasinya.

Penyebab Mulut Pahit

Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan sebutan dysgeusia. Dysgeusia tidak hanya menimbulkan rasa pahit, tapi juga rasa asam atau seperti habis menjilat logam. Terdapat beberapa penyebab mulut pahit, berikut uraian singkatnya:

Gangguan pencernaan

Seringkali, mulut pahit dapat menjadi gejala dari gangguan pencernaan seperti refluks asam lambung atau gangguan empedu. Produksi asam berlebihan atau regurgitasi cairan pencernaan ke esofagus dapat menyebabkan sensasi pahit di mulut.

Penyakit Asam Lambung

Penyebab lainnya juga bisa disebabkan oleh naiknya asam lambung. Hal ini merupakan gejala dari penyakit GERD. Penyebab utama penyakit GERD ini adalah konsumsi makanan asam, pedas, dan berlemak. Selain itu, terlambat makan dan faktor stres juga bisa memicu munculnya kondisi tersebut.

Mulut kering

Mulut kering juga bisa menjadi pemicu dan menimbulkan rasa pahit di mulut. Hal ini berawal dari kurangnya produksi air liur atau bahasa medisnya xerostomia atau mulut kering. Dengan kondisi ini juga biasanya menimbulkan bau mulut dan nafas tidak sedap.

Xerostomia sendiri bisa terjadi akibat penggunaan obat-obatan tertentu, merokok, dehidrasi, penuaan, hingga penyakit autoimun.

Ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon seperti perubahan kadar estrogen saat wanita sedang hamil atau menstruasi bisa menjadi penyebab mulut terasa tidak enak. Inilah sebabnya, wanita hamil atau yang ingin menstruasi mulutnya sering kali terasa agak pahit.

Infeksi mulut

Infeksi bakteri di mulut, seperti radang gusi atau sariawan, dapat menyebabkan rasa pahit. Bakteri yang berkembang biak dalam kondisi ini dapat menghasilkan senyawa yang mengganggu rasa normal dalam mulut.

Kekurangan Vitamin B-12 dan Zinc

Tanpa disadari, kekurangan asupan vitamin B-12 dan zinc bisa membuat mulut menjadi terasa pait. Tidak hanya itu, kekurangan dua nutrisi tersebut juga dapat menyebabkan mulut menjadi beraroma tidak sedap.

Efek samping obat

Beberapa obat, seperti antibiotik, obat tekanan darah, atau obat antidepresan, dapat menyebabkan mulut pait sebagai efek sampingnya. Jika Anda merasa pahit setelah memulai penggunaan obat baru, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Dehidrasi

Kurangnya cairan dalam tubuh dapat menyebabkan mulut menjadi kering dan mempengaruhi rasa. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa pahit di mulut.

Kebersihan Gigi

Penyebab yang terakhir adalah akibat kebersihan gigi yang buruk. Kebersihan gigi yang buruk bisa menyebabkan bakteri dan kuman menumpuk di dalam rongga mulut. Kondisi inilah yang menyebabkan mulut menjadi terasa tidak enak, seperti menelan logam. Di samping itu, masalah gigi seperti gigi berlubang, infeksi, dan penyakit gusi juga bisa menyebabkan mulut menjadi pait.

Setelah mengetahui penyebab mulut kering, baiknya anda juga mengetahui cara mengatasinya. Beikut ulasan singkatnya.

Cara Mengatasi Mulut Pahit

Terdapat beberapa langkah sederhana bagaimana cara mengatasi mulut pahit ini yakni sebagai berikut.

Meningkatkan kebersihan mulut

Menjaga kebersihan mulut yang baik dengan menggosok gigi secara teratur, membersihkan lidah, dan menggunakan obat kumur dapat membantu menghilangkan rasa pahitnya dan meminimalkan bakteri penyebabnya.

Menjaga hidrasi yang baik

Minumlah cukup air setiap hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Air membantu membuang racun dan menjaga kelembapan mulut, sehingga dapat mengurangi mulut pahit.

Hindari makanan dan minuman yang memicu

Beberapa makanan dan minuman seperti kopi, teh, cokelat, makanan pedas, atau makanan dengan tinggi lemak dapat memperburuk rasa pahit. Menghindari atau mengurangi konsumsi makanan ini dapat membantu mengurangi gejala.

Konsultasikan dengan dokter

Jika mulut pahit berlanjut atau disertai dengan gejala lain yang mengkhawatirkan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Mereka dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk menentukan penyebab yang mendasarinya dan meresepkan pengobatan yang sesuai.

Mengurangi stres

Beberapa orang mengalami mulut pahit sebagai respons terhadap stres. Mengelola stres melalui latihan relaksasi, meditasi, atau aktivitas fisik dapat membantu mengurangi gejala.

Penting untuk diingat bahwa artikel ini hanya memberikan informasi umum dan bukan pengganti nasihat medis profesional. Jika Anda mengalami hal ini yang terus berlanjut atau mengganggu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.


Temukan Berita Terkini, Berita Terbaru, Berita Viral dan Berita Hari Ini dari gerubok lainnya di Google News.