Selain Enak, Buah Naga Memiliki Segudang Khasiat untuk Kesehatan Tubuh, Apakah Kamu Tertarik?

apakah khasiat buah naga
Buah Naga. (Net)

GERUBOK health | Buah naga semakin populer di seluruh dunia karena rasa yang lezat dan manfaat kesehatannya yang luar biasa, apakah khasiat buah naga? Kita akan membahasnya dalam artikel ini.

Warnanya yang mencolok dan teksturnya yang unik membuat buah ini dikenal. Buah naga yang juga dikenal sebagai pitaya, adalah buah yang berasal dari keluarga kaktus.

Bentuknya bulat atau oval dengan kulit yang berduri dan tersedia dalam berbagai warna seperti merah, kuning, dan putih. Daging buah naga bisa berwarna putih atau merah dengan biji kecil yang tidak bisa dimakan.

Rasanya manis dengan sedikit rasa asam, dan teksturnya renyah seperti pepaya. Ternyata buah naga ini kaya nutrisi dan sangat bagus khasiat bagi kesehatan tubuh kita, apakah kamu merasakannya? Jadi tak salah bila banyak orang menggemari buah ini.

Fakta Buah Naga

Komposisi Nutrisi Buah Naga

Buah naga kaya akan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Setiap 100 gram buah naga mengandung sekitar 60 kalori. Buah ini juga mengandung vitamin C, serat, vitamin B, zat besi, kalsium, dan antioksidan.

Kandungan nutrisi ini membuat buah naga menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan dan mendapatkan manfaat tambahan.

Manfaat Kesehatan Buah Naga

Buah naga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang menakjubkan. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi buah naga:

– Sumber Antioksidan yang Kuat

Buah naga mengandung banyak antioksidan, termasuk betasianin, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif.

– Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang tinggi dalam buah naga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan infeksi, dan menjaga kesehatan umum.

– Menjaga Kesehatan Jantung

Buah naga mengandung serat dan fitonutrien yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan menjaga kesehatan jantung.

– Mendukung Kesehatan Pencernaan

Serat dalam buah naga membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit. Ini juga dapat membantu menjaga kesehatan usus.

– Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan dalam buah naga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

– Mengurangi Risiko Diabetes

Buah naga memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti mereka tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang tajam. Ini membuatnya cocok untuk dikonsumsi oleh orang dengan diabetes.

– Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah naga rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat membantu menjaga kenyang lebih lama dan membantu dalam program penurunan berat badan.

– Mengurangi Radikal Bebas

Kandungan antioksidan dalam buah naga membantu mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan stres oksidatif.

– Menyehatkan Mata

Kandungan vitamin C dan beta-karoten dalam buah naga dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata terkait usia.

– Meningkatkan Kesehatan Tulang

Buah naga mengandung mineral seperti kalsium dan fosfor yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi yang baik.

Baca juga:

Cara Menikmati Buah Naga

Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menikmati buah naga:

Konsumsi Mentah

Anda dapat memakan buah naga secara langsung setelah membersihkannya. Anda bisa memotongnya menjadi dua bagian dan memakannya dengan sendok.

Jus Buah Naga

Anda dapat mengekstrak jus dari buah naga dan menikmatinya segar atau mencampurnya dengan jus buah lainnya.

Salad Buah Naga

Tambahkan potongan buah naga segar ke dalam salad buah favorit Anda untuk memberikan rasa dan tekstur yang menarik.

Smoothie Buah Naga

Campurkan buah naga dengan yogurt dan buah-buahan lainnya untuk membuat smoothie yang sehat dan lezat.

Es Buah Naga

Bekukan potongan buah naga dan gunakan sebagai bahan es dalam minuman kesegaran favorit Anda.

Dengan mengonsumsi buah naga secara teratur, Anda dapat mendapatkan manfaat kesehatan yang beragam, mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga menjaga kesehatan kulit. Jangan ragu untuk mencoba berbagai cara menikmati buah naga dan tambahkan ke dalam pola makan sehat Anda.

Baca juga:

FAQ (Pertanyaan Umum)

Apakah buah naga cocok untuk orang dengan diabetes?

Ya, buah naga memiliki indeks glikemik rendah dan dapat dikonsumsi oleh orang dengan diabetes.
Bagaimana cara memilih buah naga yang matang? Pilih buah naga yang memiliki warna cerah, kulit yang tidak rusak, dan memberikan sedikit tekanan ketika ditekan.

Apa perbedaan antara buah naga merah dan putih?

Buah naga merah memiliki daging yang lebih manis, sementara buah naga putih memiliki rasa yang lebih ringan.

Apakah buah naga aman dikonsumsi oleh anak-anak?

Ya, buah naga aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Namun, pastikan untuk memotongnya menjadi potongan yang sesuai dengan ukuran mereka.

Apakah buah naga membantu dalam penurunan berat badan?

Buah naga rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat membantu dalam program penurunan berat badan.


Temukan Berita Terkini, Berita Terbaru, Berita Viral, Berita Kesehatan dan Berita Hari Ini dari gerubok lainnya di Google News.