Profil Charly Van Houten: Perjalanan Karier dari Kafe ke Grup Band ST12 hingga Sukses dengan Setia Band

Profil Charly Van Houten
Charly Van Houten (foto: Instagram)

GERUBOK entertainment | Profil Charly Van Houten, seorang musisi asal Jawa Barat, memiliki latar belakang seni yang kuat. Lahir dari keluarga seniman, ia mengejar karier di industri musik setelah awalnya bernyanyi di berbagai kafe. Dengan kepiawaiannya dalam bernyanyi dan bermain gitar, Charly berhasil membentuk grup band ST12 yang terkenal.

Nama aslinya, Muhammad Casmali Parli, jarang digunakan karena ia lebih dikenal sebagai Charly Van Houten. Charly adalah seorang penyanyi, pencipta lagu, dan pemain alat musik. Lahir pada tanggal 5 November 1982 di Cirebon, ia adalah anak dari Soegendri dan Toethe Hartika.

Sejak kecil, Charly telah menunjukkan minatnya dalam dunia seni, terutama bermain gitar. Bakat seni tampaknya muncul dalam keluarganya, karena neneknya juga seorang sinden. Ketika Charly bersekolah di SDN Tersana 1 Losari Cirebon, ia terkenal sebagai siswa yang pendiam, tidak nakal, dan cerdas.

Ketertarikan Charly dalam seni terus berkembang ketika ia menginjak usia 3 SD. Pamannya mengajarkannya bermain gitar, yang menjadi dasar bagi kemahirannya dalam alat musik tersebut. Suaranya yang khas dan mudah dikenali membuatnya semakin terkenal di kalangan orang-orang.

Pada usia 16 tahun, Charly mulai tampil di berbagai kafe bersama teman-temannya. Pada tahun 2000, ia memutuskan untuk kuliah di Universitas Pasundan Bandung dengan jurusan seni. Di Bandung, ia bertemu dengan Pepep, Pepeng, dan Iman, yang akhirnya membentuk grup band ST12. Nama ST12 diambil dari jalan tempat mereka bertemu, yaitu Stasiun Timur 12 Bandung.

Meskipun menghadapi rintangan dan cobaan, Charly dan ST12 berhasil meraih kesuksesan dengan album pertama mereka. Mereka mulai menarik perhatian beberapa label rekaman. Grup band ini dikenal dengan genre pop-melayu yang memiliki ciri khas easy listening. Mereka juga sering memasukkan elemen musik disko, reggae, dan akustik.

Profil Charly Van Houten: Bubarnya ST12

Kepopuleran Charly semakin meningkat ketika ia memimpin ST12 menjadi salah satu band terkemuka pada masanya. Lagu-lagu ciptaannya sukses besar dan diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia.

Namun, kesuksesan sebuah band tidak selalu berjalan mulus. ST12 menghadapi konflik internal yang akhirnya mengakibatkan pembubaran grup tersebut. Setelah itu, Charly dan Pepeng, mantan anggota ST12, mendirikan Setia Band pada September 2011. Lagu perdananya dengan Setia Band berjudul “Satu Hati” dirilis pada tahun 2012.

Selain menjadi vokalis, Charly juga dikenal sebagai seorang pencipta lagu yang handal. Beberapa artis pernah menggunakan lagu-lagunya. Selain itu, ia juga terlibat dalam dunia seni peran dan menciptakan lagu untuk beberapa film.

Di kehidupan pribadinya, Charly menikah dengan Regina Irawan, seorang wanita cantik. Mereka dikaruniai dua orang anak, yaitu Mohammad Restu Gibhran Van Houten dan Asmaranacha Manunggaling Gaula Gusti Kaula. Meskipun pernah menghadapi beberapa masalah pribadi dan bahkan tersandung kasus penipuan, Charly berhasil menghadapinya dengan tegar.

Popularitas Charly mencapai puncaknya ketika ia diminta untuk ikut dalam pertarungan Pilkada serentak 2018 sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Barat. Kemampuannya bersaing dengan calon lain membuatnya menjadi sosok yang diminati.

Profil

KELUARGA

  • Orang tua : Soegendri & Toethe Hartika
  • Pasangan : Regina Irawan
  • Anak : Mohammad Restu Gibhran Van Houten
  • Asmaranacha Manunggaling Gaula Gusti Kaula

KARIER

Diskografi

Bersama ST12
Jalan Terbaik (2005)
PUSPA (2008)
PUSPA Repackege (2009)
Pangeran Cinta (2010)

Bersama Setia Band
Satu Hati (2012)
Bintang Kehidupan (2017)

Sinetron
Aku Masih Sayang
Tangisan Isabella
Nada-Nada Cinta Charly

Filmografi
Jangan Menangis Sinar (2013)
Surga di Telapak Kakimu, Ibu (2013)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *