Monkey D Luffy: Mengulas Singkat Kisah Perjalanan Kapten Bajak Laut Topi Jerami

Monkey D Luffy dan Kru Topi Jerami
Monkey D Luffy dan Kru Topi Jerami.

GERUBOK one piece | Monkey D Luffy atau Luffy Topi Jerami merupakan pendiri dan sekaligus kapten dari Bajak Laut Topi Jerami dari serial Manga One Piece. Sebagaimana chapter terakhir ia sudah semakin terkenal dan kuat, bahkan duah berhasil menjadi 4 Kaisar Laut atau Yonko.

Dalam kisahnya, ia ingin menemukan harta karun legendaris yang ditinggalkan oleh Raja Bajak Laut Gol D Roger. Tujuannya itu untuk menjadikannya Raja Bajak Laut yang selanjutnya. Dengan menjadi Raja Bajak Laut akan sangat membantunya dalam mengejar mimpinya yang saat ini masih misteri.

Mimpinya tersebut hanya pernah ia ceritakan kepada Akagami no Shank dan para krunya. Dalam tekatnya ia sangat mempercayai bahwa hanya dengan menjadi Raja Bajak Laut maka akan bisa membantunya dalam mewujudkan mimpi tersebut. Selain itu, ia juga berkeyakinan bahwa menjadi Raja Bajak Laut juga bearti memiliki kebebasan yang sesungguhnya.

Monkey D Luffy merupakan cucu dari pahlawan Angkatan Laut yakni Monkey D Garp. Sedangkan sosok ayahnya merupakan orang yang paling dicari di dunia One Piece yakni Pemimpin Pasukan RevolusionerMonkey D Dragon.

Lahir di Desa Foosha, sosok ibu dari Kapten Bajak Laut Topi Jerami ini hingga saat ini masih misteri, namun yang pasti ia keluarganya membawa inisial dan kehendak D.

Pemakan Gomu Gomu no Mi

Gomu Gomu no Mi Nika Gear 5
Gomu Gomu no Mi dan Monkey D Luffy. (foto: net)

Pada awal chapter manga One Piece, saat itu Monkey Luffy masih berusia 7 tahun. Dengan perutnya yang lapar ia tidak sengaja memakan Buah Iblis Gomu Gomu no Mi yang berada di sebelah Shank di sebuah Bar di Desa Foosha.

Tidak lama kemudian usai memakan Gomu Gomu no Mi tersebut ia bisa memanjangkan dan mengubah tubuhnya menjadi seperti karet. Namun hukuman dari memakan buah iblis tersebut ia tidak bisa lagi berenang karena dibenci lautan.

Walaupun tidak bisa berenang lagi namun tidak menyurutkan tekat Luffy untuk menjadi Raja Bajak Laut, bahkan ia dengan terang-terangan mengatakannya kepada Shank. Perkataan itulah yang membuat Shank memberikan Topi Jerami warisan dari Gol D Roger kepada Monkey D Luffy.

Hingga saat ini Topi Jerami sudah menjadi aksesoris khas dari sang kapten, saat memberikannya Shank menyebutkan bahwa ia akan mengembalikan Topi Jerami tersebut kepadanya jika ia sudah menjadi Bajak Laut besar di lautan.

Berselang beberapa waktu kemudian, Luffy tumbuh dan di besarkan kakeknya yakni Monkey D Garp di Desa Dawn. Karena terlalu sibuk menjadi Angkatan Laut membuat Garp menyerahkan Luffy kepada Curly Dadan untuk bersedia mengasuhnya.

Bahkan saat itu, Luffy bertemu dengan saudara tersumpahnya yakni sang “Tinju Api” Portgas D Ace dan Kepala Staf Revolusioner Sabo.

Pertualangan Monkey D Luffy

Selama pertualangannya, Monkey D Luffy dan krunya berhasil melawan banyak kekuatan yang mendominasi di di nua One Piece. Berawal dari bajak laut paling kuat di East Blue, bentrokan dengan Marinir atau Angkatan Laut bahkan Cipher Pol, para bangsawan dunia hingga menantang Empat Kaisar Laut setelah sampai di Grand Line.

Bahkan setiap pertarungannya di berbagai lokasi Luffy mampu memberikan dampah positif pada daerah tersebut. Ada juga berbagai momen epic di mana ia yang menyebabkan salah satu runtuhnya Enies Lobby hingga berhasil melarikan diri dari penjara paling mengerikan di Impel Down.

Kaisar Laut Kelima

Kaisar Laut Kelima

Bebas dari Impel Down, ia bahkan menjadi bintang utama saat perperangan di Merineford yang menjadikannya generasi terburuk dan berhasil menguasai wilayah empat kaisar dalam beberapa kesempatan seperti Kerajaan Manusia Ikan yang sebelumnya di kuasai Big Mom.

Tidak tanggung-tanggung berkat sederetan pencapaian dari Luffy telah menyebabkan dia dicap sebagai “Elemen Masa Depan Berbahaya”.

Sebagai salah satu pengguna Haki Raja, luffy memiliki kemampuan untuk menarik orang supaya mengikutinya. Berdasarkan kemampuan tersebut kini ia menjadi pemimpin dari Armada Besar Topi Jerami, yang terdiri dari tujuh kru bajak laut yang bersumpah kuat yang siap datang membantunya setiap kali dia harapkan.

Memiliki armada yang cukup banyak, dan berhasil melarikan diri dari amukan Big Mom di Whole Cake Island, jurnalis menjulukinya sebagai “Kaisar Laut Kelima” yang setara dengan Shirohige, Akagami no Shank, Big Mom dan Kaido pada masa itu.

Walaupun sebagian besar menyepelekan julukannya saat itu, yang menganggap itu hanya dibesar-besarkan. Namun cukup dengan pembuktian mengakhiri hidup Kaido, Monkey D Luffy secara resmi dinyatakan sebagai Empat Kaisar atau Yonko oleh Pemerintah Dunia. Saat yang bersamaan Sang Badut Buggy juga dianggap orang yang berbahaya dan juga menjadi Yonko menggantikan Big Mom. Hingga saat ini kedudukan Empat kaisar diisi oleh, Shank, Marshal D Teach, Monkey D Luffy dan Buggy.

Perkembangan Bounty Monkey D Luffy

Pada setiap akhir dari story One Piece, selain pesta kemenangan setelah pertarungan yang epic. Selalu ada hal yang paling nakama tunggu, yakni perkembangan bounty.

Salah satu yang paling menarik juga perkembangan Bounty dari sang kapten bajak laut Topi Jerami Monkey D Luffy yang terus meningkat.

Monkey D Luffy pada awalnya hanya memiliki bounty 30 juta berry hingga sekarang sampai angka miliaran setelah mengalahkan Kaido dan menjadi Yonko.

Lantas bagaimana perkembangan bounty Monkey D Luffy, simak terus sampai habis.

1. 30 Juta Belly (Arlong Park)

Usai mengalahkan Arlong, Monkey D Luffy, ia juga memukuli kapten Angkatan Laut Nezumi yang korup. Saat itu Luffy memaksanya mengembalikan harta Nami yang merupakan Nakama barunya saat itu.

Usai mengalahkan Arlong, Monkey D Luffy, ia juga memukuli kapten Angkatan Laut Nezumi yang korup. Saat itu Luffy memaksanya mengembalikan harta Nami yang merupakan Nakama barunya saat itu.

Atas kejadian tersebut, Nezumi yang murkan dan ingin membalas perbuatan dari Luffy kepadanya. Ia pun melaporkan sang kapten ke angkatan laut.

Namun hal yang mempengaruhi penetapan bounty Luffy saat itu juga bukan hanya laporan dari Nezumi. Akan tetapi dunia juga menyadari bawasannya Luffy telah mengalahkan sejumlah nama besar di East Blue. Untuk itu pemerintah dunia menetapkan bountynya melampaui Arlong.

Menariknya, pada poster buronan Luffy ini, terdapat kepala belakang dari Usop. Bahkan foto posten ini juga bertahan yang paling lama sepanjang alur, setidaknya sebelum time skip.

2. 100 juta Belly (Arc Arabasta)

Pada Arc Arabasta ini, Monkey D Luffy berhasil mengalahkan seorang Shichibukai yaitu Crocodile. Shichibukai merupakan seorang Bajak Laut yang mengabdi pada Pemerintah Dunia. Pastinya karena mengabdi dengan pemerintah sosok Crocodile merupakan salah satu orang yang berpengaruh.

Kekalahan Crocodile atas Luffy ini, sempat mengguncangkan satu dari tiga kekuatan besar Lautan antara Shichibukai, Angkatan Laut, dan Yonko. Atas kejadian itu juga Pemerintah Dunia mencopot jabatan Crocodile sebagai Shichibukai dan memasukannya ke penjara Impel Down.

Namun, Angkatan Laut malah menyembunyikan atas kebenaran ini. Versi Angkatan Laut, kekalahan dari Crocodile ini karena Smoker salah seorang anggota Angkatan Laut. Hal itu mereka lakukan agar mereka tidak kehilangan muka di mata dunia. Akan tetapi, Pemerintah Dunia dan Angkatan Laut tetap menganggap Luffy sebagai ancaman yang besar.

Usai Arc ini bounty Luffy naik menjadi 100 juta Belly di mana lebih tinggi dari sebelumnya hanya 30 juta belly.

3. 300 juta Belly (Arc Enies Lobby)

300 juta Belly (Arc Enies Lobby)

Terus mengibarkan sayap, Bajak Laut Topi Jerami semakin berani menantang Pemerintah Dunia apalagi kalau untuk menyelamatkan anggotanya. Di Enies Lobby, mereka menyelamatkan Nico Robin yang terancam untuk dieksekusi.

Robin yang saat itu dibawa oleh Cipher Pol pun takluk oleh Bajak Laut Topi Jerami. Pada arc ini, Monkey D Luffy mengalahkan Blueno dan Rob Lucci dengan kekuatan barunya Gear Second.

Aksi menyelamatkan Robin dan membakar Bendera Pemerintah Dunia ini membuat bounty seluruh kru Bajak Laut Topi Jerami meningkat salah satunya Monkey di Luffy yang meningkat menjadi 300 juta belly.

Kenaikan bounty lebih dari 3 kali lipat ini juga membuatnya masuk dalam deretan 11 generasi terburuk (Supernova) di mana bajak laut Rookie bernilai lebih dari 100 juta.

4. 400 juta Belly (Setelah Time Skip)

Usai terlibat banyak pertarungan mulai dari kabur dari penjara Impel Down dan ikut perang di Marineford menyelamatkan Ace, hingga memuluk Tenryuubito di Sabaody. Keturunan langsung dari pimpinan pasukan Revolusioner Monkey D Dragon ini naik menjadi 400 juta belly.

5. 500 juta Belly (Arc Dressrosa)

500 juta Belly (Arc Dressrosa)

Dalam Arc Dressrosa, Monkey D Luffy kembali menjatuhkan seorang Shichibukai yakni Donquixote Doflamingo. Saat itu, ia beraliansi dengan Kapten Bajak Laut Hati yakni Trafalgar D Water Law.

Kekalahan Dofi ini sangat berpengaruh bagi pemerintah dunia dan Yonko. Apalagi karena itu, bisnis perdagangan di pasar gelap senjata ilegal Yonkou Kaido hancur.

Atas kekacauan ini pemerintah dunia menaikan bounty Monkey D Luffy menjadi 500 juta belly. Menariknya pose pada poster buronan Luffy kali ini sangat mirip dengan yang pertama namun tidak ada lagi kepala God Usop.

6. 1,5 miliar Belly (Arc Whole Cake Island)

1,5 miliar Belly (Arc Whole Cake Island)

Setelah sukses memporakporandakan pernikahan terbesar di Seluruh Dunia antara Sanji dan Charlotte Puding di Pulau Whole Cake.

Dalam arc ini, Monkey D Luffy berhasil mengalahkan dua Komandan Terkuat Bajak Laut Big Mom yakni Charlotte Cracker dan Charlotte Katakuri

Berhasil mengalahkan orang dengan bounty 1 milar belly dan kabur hidup-hidup dari markas seorang Yonko memicu kenaikan tiga kali lipat bounty Monkey D Luffy menjadi 1,5 miliar belly. Selain itu, Morgans sang jurnalis juga membuat berita besar yakni memproklamasikan kalau Luffy adalah Yonko Kelima.

7. 3 miliar Belly (Arc Wano)

Poster 3 Miliar Belly

Bounty Mugiwara no Luffy sekali lagi mengalami kenaikan yang cukup signifikan setelah mengalahkan seorang Yonkou Kaido. Kepala Monkey D Luffy dihargai 3 miliar belly sekaligus menjadi seorang Yonkou bersama dengan Buggy, Shank dan Marshal D Teach atau Kurohige.

Bounty Mugiwara no Luffy sekali lagi mengalami kenaikan yang cukup signifikan setelah mengalahkan seorang Yonkou Kaido. Kepala Monkey D Luffy dihargai 3 miliar belly sekaligus menjadi seorang Yonkou bersama dengan Buggy, Shank dan Marshal D Teach atau Kurohige.

Pose dari poster buronan ini memperlihatkan Luffy pada mode gear 5. Saat penetapan buronan ini Gorosei sebenarnya tidak ingin menggunakan foto tersebut bahkan berkeinginan menghilangkan nama”D” dari Monkey D Luffy.

Namun, berkat idealist dari Morgan, foto poster gear 5 dan nama “D” tidak dihapus dan menyebar ke seluruh penjuru.

Itulah sedikit perkembangan bounty Monkey D Luffy dari yang semula hanya 30 juta belly hingga menjadi 3 miliar belly.

Penampilan Monkey D Luffy

Luffy memiliki rambut hitam acak-acakan, mata hitam bulat, dan tubuh berotot ramping. Dia terkenal dengan ciri khasnya topi jerami (dari mana dia mendapat julukan “Topi Jerami Luffy”), yang dipinjamkan kepadanya ketika dia masih muda oleh kapten bajak laut legendaris, “Rambut Merah” Shanks, yang pada gilirannya menerimanya dari Gol D. Roger.

Dia memakai celana pendek biru dengan manset, sandal, dan rompi merah tanpa lengan. Luffy juga memiliki bekas luka dengan dua jahitan di bawah mata kirinya, yang diperolehnya saat kecil dengan menusuk wajahnya untuk menunjukkan kepada Shanks bahwa dia cukup tangguh untuk menjadi seorang bajak laut.

Dia terluka parah oleh Akainu dalam Perang Puncak Marineford, meninggalkan bekas luka besar berbentuk X di dadanya.

Sebelum Timeskip

Mirip dengan kebanyakan kru laki-lakinya, Luffy memiliki pakaian yang sama di sebagian besar seri. Luffy akan sering mengenakan pakaian yang berbeda agar sesuai dengan iklim suatu pulau (seperti jaket berkerudung di Pulau Drum atau jubah gurun di Alabasta) tetapi akan diganti kembali ke rompi merah dan celana pendek biru khasnya setelah petualangan di pulau itu selesai.

Meskipun demikian, dia akan mengenakan pakaiannya yang biasa dengan warna yang berbeda dan telah dikenal memakai item lain-lain pada dirinya dari waktu ke waktu seperti di Thriller Bark dan Sabaody Archipelago.

Tidak Pandai Bergaya

Menurut Eiichiro Oda di 37 Volume SBS, Luffy tidak tahu cara berpakaian dengan gaya jadi terkadang dia disarankan tentang cara berpakaian oleh anggota tim yang lebih modis, Nami, Usopp, Sanji, dan Robin.

Selama Arc Pulau Drum, dia mengenakan dua parka yang berbeda, yang pertama adalah parka merah tua dengan bulu di ujung lengan, tudung, dan keliman, dan kemudian kotak-kotak, berkerudung parka dengan warna putih, oranye dan kuning cerah, yang dikenakan Nami pada awalnya.

Di Arc Alabasta, dia mengenakan jubah gurun yang terdiri dari jubah merah gelap dengan tiga cincin putih yang dihias di kedua lengan dan balutan biru muda menutupi kepalanya.

Selama Arc Skypiea, dia mengenakan gelang hitam di pergelangan tangan kirinya dengan gelang putih di atasnya. Di 37 Volume SBS, Oda mengatakan bahwa dua anggota krunya meminjamkan aksesoris kepadanya: gelang hitam oleh Usopp dan gelang putih oleh Sanji.

Saat Arc Long Ring Long Land, Luffy mengenakan afro di kepalanya, celana pendek merah gelap, dan perban merah di kakinya, mendapatkan gambar tengkorak biru menyala dan tulang bersilang dicat di dadanya juga, saat dia bertarung Foxy.

Selama Arc Enies Lobby, dia mengenakan celana pendek hitam dengan lebih banyak saku daripada celana pendek birunya, yang menurutnya dia tidak bisa memasukkan dagingnya.

Selama Arc Post-Enies Lobby, Luffy mengenakan kaus putih dengan lambang Galley-La Company berwarna merah; garis merah di sekitar bagian atas, bahu, dan kerah; dan celana pendek biru tua.

Impel Down

Selama Arc Thriller Bark, dia mengenakan rompi oranye dan celana pendek merah. Setelah pertarungan melawan Moria di Thriller Bark, Luffy mengenakan ban lengan berhias permata gelap di lengan kirinya, yang diberikan oleh Nami.

Ban lengan ini kemudian diturunkan menjadi peta yang mengarah ke harta karun Kapten John yang hilang, yang dicari oleh Buggy beberapa waktu; Luffy menyerahkan ban lengan itu kepada Buggy sebagai imbalan atas jasanya dalam menavigasi melalui Impel Down.

Selama Arc Kepulauan Sabaody, di manga, dia mengenakan rompi biru dan celana pendek merah (yang juga bisa dilihat di sampul Volume 52). Di anime, dia memakai rompi biru yang sama, tapi celana pendek biru tua.

Selama Arc Amazon Lily, Luffy mengenakan rompi biru muda dengan celana pendek merah.
Selama Arc Impel Down, Luffy mengenakan pakaiannya dari dia tinggal di Amazon Lily sampai setelah pertarungannya dengan Magellan, di mana dia mengganti rompi biru mudanya dengan rompi kuning cerah yang diberikan kepadanya oleh Inazuma.

Selalu Menggunakan Topi Jerami

Tidak peduli di mana dia berada, Luffy memakai Topi Jeraminya melalui segala hal, meskipun pada awalnya, topi itu cenderung mudah lepas dari kepalanya, memaksa Luffy untuk mengesampingkannya atau meminta seseorang memegangnya selama pertarungan.

Dari Arc Alabasta dan seterusnya, dia mendapatkan tali pengikat untuk itu, yang dijahit oleh Nami, memungkinkan topi untuk digantung di punggungnya dari lehernya selama pertarungan.

Selama kembali ke Marineford untuk berdoa dalam hati, Luffy secara singkat ditunjukkan dengan empat karakter tertulis di lengan kanannya dengan ejaan 3D2Y, dengan 3D dicoret untuk melambangkan bahwa Bajak Laut Topi Jerami harus bertemu dalam 2 tahun (2Y) daripada 3 hari (3D) seperti yang direncanakan setelah melarikan diri dari Bartholomew Kuma.

Selama perjalanannya, Luffy telah menggunakan kekuatan Buah Iblisnya dengan cara yang kreatif, banyak di antaranya dengan mengubah tubuhnya. Contoh terbesar dari penampilannya yang berubah adalah penciptaan transformasi Gear yang secara dramatis memengaruhi seluruh tubuhnya:

Dalam Gear 2, Luffy memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuhnya, menyebabkan keringatnya menguap dengan cepat dan membuatnya tampak mengeluarkan uap. Di anime, seluruh kulitnya menjadi sedikit merah muda dan berkilau karena peningkatan aliran darah.

Dalam bentuk Gear 3, Luffy meniupkan sejumlah besar udara ke dalam tubuhnya, menyebabkannya mengembang dan memperbesar bagian tertentu dari tubuhnya ke ukuran yang setara dengan Raksasa. Setelah transformasi habis, tubuhnya untuk sementara menyusut menjadi bentuk seukuran anak kecil, dengan tangan besar dan kepala yang dikompresi secara vertikal. Properti dan tampilan teknik ini berubah setelah timeskip dua tahun.

Setelah Timeskip

Setelah dua tahun itu, beberapa hal telah berubah. Dia telah tumbuh sedikit lebih tinggi dan terlihat lebih berotot karena latihannya. Hal ini dapat dilihat pada lehernya yang sedikit lebih tebal, deltoid yang lebih menonjol, dan dada yang lebih tegas, yang menunjukkan bekas luka berbentuk X yang dia terima saat itu Laksamana Akainu mencakup sebagian besar.

Pakaiannya yang biasa sebagian besar sama seperti dua tahun lalu, tetapi alih-alih rompi, Luffy memakainya kardigan merah lengan panjang terbuka dengan empat kancing, dengan selempang kuning diikatkan di pinggangnya (agak mengingatkan pada pakaian Gol D. Roger).

Karena meningkatnya ketenaran Luffy selain meningkatnya kekuatan musuh-musuhnya, setelah timeskip ia menemukan dirinya lebih sering mengenakan penyamaran untuk menutupi identitasnya, dengan berbagai tingkat kecanggihan. Meskipun demikian, ia tetap tidak pernah kehilangan topi jerami khasnya, dan terkadang memilih untuk menutupinya dengan penutup kepala lainnya.

Selama Arc Punk Hazard, Luffy mengenakan mantel musim dingin panjang dengan garis-garis horizontal merah dan putih, bersama dengan penutup telinga kuning, yang ia curi dari salah satu Brownbeard Unit Patroli Centaur.

Arc Dressrosa

Selama Arc Dressrosa, karena kebutuhannya untuk menyembunyikan identitasnya di wilayah Doflamingo, Luffy mengenakan kemeja lengan pendek terbuka dengan pola bunga matahari, celana pendek biru standar, selempang kuning, dan topi bowler hitam. atas topi jeraminya. Dia juga memakai janggut palsu. Saat memasuki turnamen untuk Mera Mera no Mi di Corrida Colosseum, dia mengenakan baju zirah bergaya Viking, lengkap dengan pedang dan perisai.

Setelah direvisi untuk memenuhi batasan berat turnamen, dia melepaskan sebagian besar baju zirahnya, tetapi tetap menyimpan jubah dan helmnya, bersama dengan nomor registrasinya ‘0556’ dan kata “Lucy” tertulis di belakang baju besinya. kemeja, tertutupi oleh jubahnya. Ketika dia pulih setelah pertempurannya melawan Doflamingo, Luffy mengenakan tank top merah bersama dengan celana pendek standarnya berwarna coklat (abu-abu gelap di anime).

Selama Arc Pulau Whole Cake, Luffy mengenakan kardigan putih mewah terbuka dengan lengan bengkak bersama dengan celana pendek standarnya berwarna merah. Dia juga memiliki syal dekoratif yang melilit topi jeraminya setelah mendarat di Hutan Penggoda, meskipun dia tampaknya telah kehilangan itu selama pertarungannya dengan Charlotte Cracker.

Pakaian ini akhirnya tercabik-cabik setelah beberapa pertempuran dan dia kemudian mengenakan pakaian baru untuk bertemu dengan Capone Bege; jas merah dengan kemeja coklat dan ascot merah muda bersama dengan celana pendek formal merah. Dia juga memasang fedora hitam di bagian atas topi jeraminya.

Arc Wano

Selama pertarungannya dengan Sanji, Luffy kehilangan salah satu gigi atasnya setelah terkena Diable Jambe Joue Shot langsung ke wajahnya. Namun, gigi itu tumbuh kembali setelah dia minum sebotol susu.
Selama Arc Negeri Wano, Luffy mengenakan yukata merah dengan kain perca dari matahari bulat biru dengan latar belakang cyan dan obi kuning.

Dia juga memiliki jambul di atas rambutnya. Dia juga memiliki Nidai Kitetsu yang dia pinjam dari Tenguyama Hitetsu. Sebelum memulai penyerangan terhadap Onigashima, Luffy menerima satu set armor samurai dari Hitetsu. Saat membantu Kin’emon dan yang lainnya melawan armada Kaidou di laut, Luffy mengenakan mantel panjang berwarna gelap di atas pakaiannya yang biasa.

Dia juga menukar selempang dan celana biasa masing-masing dengan warna ungu dan oranye-coklat. Dia juga sempat mengenakan Bajak Laut Beasts penyamaran dibuat oleh Kin’emon saat menyusup ke Onigashima.

Arc Egghead

Selama Arc Egghead, Luffy menerima mantel panjang dengan logo SSG, bersama dengan sarung tangan, earpiece, dan sepasang Sepatu DOM.

Setelah timeskip dua tahun, Luffy mengembangkan dua Gear lainnya, dengan salah satunya memiliki sub-transformasinya sendiri, serta mengubah Gear 3 secara signifikan:

Selama dua tahun pelatihan Luffy, dia mengembangkan lebih lanjut Gear 3 agar udara terkonsentrasi ke tinjunya dan bola udara besar di pergelangan tangannya, berlawanan dengan seluruh anggota tubuh seperti sebelumnya. Dia juga menggunakannya dalam berbagai ukuran, tidak menyusut setelahnya, dan hampir selalu dikeraskan dengan Busoshoku Haki, memberikan tampilan hitam mengkilap.

Dalam Gear 4, proporsi tubuh Luffy berubah secara dramatis, sesuai dengan bentuk persis yang ia ambil. Dalam segala bentuk, dia mendapatkan lingkaran hitam di sekitar matanya, dan tingkat Busoshoku Haki melapisi setidaknya lengan dan kakinya.

Saat mode Boundman, Luffy mengembang dirinya sendiri, mengubah tubuhnya menjadi lebih bulat. Dia meningkatkan ukuran lengannya agar sesuai dengan tubuhnya. Kemudian menyebarkan lapisan Busoshoku Haki di bagian atas dadanya, menciptakan desain yang rumit. Dalam proses menggembungkan, Luffy juga menjadi lebih tinggi dan berotot.

Tankman

Detail dari penampilan Tankman tidak diketahui, karena Luffy hanya menggunakan variasi yang disebut “Versi Manpuku”. Dalam Tankman Versi Manpuku, tubuh Luffy mengalami transformasi yang mirip namun berlebihan menjadi Boundman. Dalam bentuk ini, tubuhnya mengembang secara signifikan lebih banyak daripada bagian tubuhnya yang lain, sementara lengannya hanya sedikit mengembang. Lapisan Busoshoku Haki tetap sama dengan Boundman, begitu juga tingginya, meskipun ia kehilangan fisik berotot untuk meningkatkan kebulatan tubuhnya.

Dalam bentuk Snakeman, tubuh Luffy tidak berubah secara dramatis, sebagian besar tetap sama dalam hal proporsi keseluruhan. Sementara beberapa ekspansi masih terjadi, itu jauh lebih sedikit daripada di Boundman dan Tankman. Dengan sebagian besar transformasi terjadi pada rambut baru Luffy yang seperti api. Dibandingkan dengan bentuk lain, ia memiliki penyebaran Busoshoku Haki yang lebih sedikit, hampir tidak mencapai pundaknya. Dia juga mendapatkan jejak uap dan api yang menutupi bahunya.

Dalam Gear 5, rambut dan pakaian Luffy menjadi putih bersih. Rambutnya tampak seperti nyala api, dan matanya bersinar dengan pupil seperti cincin merah. Seperti di Snakeman, dia memiliki jejak gas yang menutupi bahunya, kali ini terbentuk dari awan.

Non-Canon

Di Film 3, dia memakai baju merah dengan nomor “01” berwarna hitam di tengahnya. Kostum rusa dengan mantel bulu dan dua dahan pohon untuk tanduk juga terlihat sesaat.

Di G-8 Arc, dia menyusup ke dapur sebagai juru masak Marinir, mengenakan seragam juru masak putih, syal biru di lehernya, dan topi juru masak putih menutupi topi jeraminya.


Temukan Berita Terkini, Berita Terbaru, Berita Viral dan Ramalan Zodiak Hari Ini dari gerubok lainnya di Google News.