Musisi  

Aretha Franklin: Biodata dan Profil si “Ratu Soul”

Aretha Franklin
Aretha Franklin. (foto: net)

GERUBOK profil | Aretha Franklin, yang dijuluki sebagai “Ratu Soul,” adalah seorang penyanyi, penulis lagu, dan pianis legendaris dari Amerika Serikat. Ia diakui sebagai salah satu vokalis terbesar dalam sejarah musik dan telah memberikan kontribusi besar dalam genre musik soul dan R&B.

Biodata dan Profil Aretha Franklin

Nama: Aretha Louise Franklin
Tanggal Lahir: 25 Maret 1942
Tempat Lahir: Memphis, Tennessee, Amerika Serikat
Meninggal: 16 Agustus 2018 (usia 76) di Detroit, Michigan, Amerika Serikat

Kehidupan Awal dan Bakat Musikal

Aretha Franklin lahir dari keluarga yang berkecimpung dalam dunia musik. Ayahnya, C.L. Franklin, adalah seorang pendeta dan penyanyi gospel terkenal, sementara ibunya, Barbara Franklin, adalah seorang penyanyi gospel juga. Aretha mulai menyanyi di gereja ayahnya sejak usia muda dan menunjukkan bakat luar biasa sebagai penyanyi.

Karir Musikal

Aretha Franklin mendapatkan popularitas sebagai penyanyi gospel sejak remaja. Pada usia 18 tahun, ia menandatangani kontrak dengan perusahaan rekaman Columbia Records dan merilis beberapa album gospel. Namun, kesuksesan komersialnya baru terjadi ketika ia bergabung dengan Atlantic Records pada tahun 1967.

Album “I Never Loved a Man the Way I Love You” yang dirilis pada tahun 1967 menjadi terobosan besar bagi Aretha. Album ini memuat lagu hit “Respect,” yang menjadi lagu ikonik dan menyuarakan semangat perjuangan hak sipil dan kesetaraan gender. Selanjutnya, Aretha merilis serangkaian album sukses yang memantapkan reputasinya sebagai “Ratu Soul.”

Karya dan Penghargaan

Aretha Franklin merilis banyak lagu hits selama karirnya, termasuk “Chain of Fools,” “Think,” “Natural Woman,” dan “I Say a Little Prayer.” Suaranya yang kuat, ekspresif, dan penuh emosi telah menginspirasi banyak penyanyi dan penggemar musik di seluruh dunia.

Ia telah memenangkan banyak penghargaan sepanjang kariernya, termasuk 18 Grammy Awards, menjadikannya sebagai wanita dengan jumlah Grammy terbanyak yang pernah dimenangkan.

Aktivisme dan Warisan

Selain kariernya di dunia musik, Aretha Franklin juga aktif dalam gerakan hak sipil dan berpartisipasi dalam konser amal dan kegiatan sosial. Ia memanfaatkan ketenarannya untuk mendukung berbagai isu sosial dan politik.

Aretha Franklin meninggal dunia pada 16 Agustus 2018 setelah berjuang melawan penyakit kanker pankreas. Kematian Ratu Soul ini menghadirkan kesedihan mendalam bagi dunia musik, tetapi warisannya sebagai salah satu penyanyi terbesar dalam sejarah akan selalu dikenang dan dihormati oleh generasi-generasi selanjutnya. Suaranya yang abadi akan terus mengisi hati dan memperkuat semangat perjuangan melalui musik soulnya yang menginspirasi.


Temukan Berita Terkini, Berita Terbaru, Berita Viral dan Ramalan Zodiak Hari Ini dari gerubok lainnya di Google News.