Asuransi Kesehatan: Kunci Keamanan Finansial di Era Kesehatan yang Tidak Pasti

Asuransi Kesehatan Kunci Keamanan Finansial di Era Kesehatan yang Tidak Pasti
Asuransi Kesehatan. (foto: net)

GERUBOK asuransi | Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan harus kita jaga dengan sadar. Melalui gaya hidup sehat, kita berusaha menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit.

Upaya seperti mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih secara teratur, mengurangi gula, menjaga pola tidur yang teratur, mengurangi stres, dan rutin berolahraga setiap minggu sangatlah penting. Selama ini kita telah menyadari bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

Namun, walaupun kita sudah melakukan upaya pencegahan dan hidup sehat, bukan berarti tubuh kita bebas dari penyakit. Ada faktor eksternal yang mempengaruhi, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan.

Meskipun kita telah melakukan pencegahan, masih ada kemungkinan penyakit muncul secara tak terduga. Penyakit yang berkaitan dengan faktor keturunan atau wabah penyakit baru bisa menjadi hal yang mengkhawatirkan. Salah satu contoh penyakit yang kadang-kadang muncul tanpa diduga adalah kanker.

Masalah Inflasi Biaya Rumah Sakit

Terlebih lagi, kita harus ingat akan biaya perawatan yang harus dikeluarkan saat kita sakit. Biaya rumah sakit cenderung mengalami inflasi. Menurut survei MMB’s Health Trends yang melibatkan 210 perusahaan asuransi di seluruh dunia, termasuk 74 perusahaan di Asia, biaya rumah sakit meningkat sebesar 3,5% pada tahun 2020 dan 8,8% pada tahun 2021. Diperkirakan bahwa pada tahun 2022, biaya rumah sakit akan naik sebesar 10%, tiga kali lipat dari inflasi umum.

Ketika membicarakan tentang kesehatan dan biaya yang mungkin harus dikeluarkan, kita juga harus membicarakan tentang pengelolaan keuangan. Siapa yang akan membayar ketika kita sakit? Apakah kita memiliki dana darurat atau tabungan untuk menghadapinya? Apakah kita akan kehilangan penghasilan karena tidak dapat bekerja selama masa perawatan di rumah sakit? Bagaimana dengan biaya hidup sehari-hari bagi kita dan keluarga? Sepertinya kita membutuhkan upaya pencegahan agar keuangan kita tidak terguncang saat kita sakit.

Perlindungan Melalui Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah bentuk perlindungan dan pencegahan terhadap goncangan keuangan yang disebabkan oleh penyakit. Dengan memiliki asuransi ini, kita dapat menjaga stabilitas keuangan meskipun tidak dapat bekerja selama masa perawatan. Inflasi biaya rumah sakit tidak akan terlalu menakutkan jika kita memiliki asuransi. Ada perusahaan asuransi yang akan membayar biaya-biaya tersebut.

Tentu saja, kita perlu membayar premi agar kita dapat dilindungi oleh perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kesehatan. Namun, biaya premi rutin sebenarnya tidak terlalu mahal. Kita dapat menyesuaikan premi berdasarkan kemampuan keuangan kita. Kita juga dapat memilih jenis perlindungan dan besaran manfaat yang dibutuhkan. Dengan demikian, saat kita sakit dan membutuhkan perawatan medis, asuransi ini akan sangat membantu.

Jenis-jenis Asuransi Kesehatan

Untuk memudahkan pemahaman, jenis-jenis asuransi kesehatan dapat dikategorikan sebagai berikut:

Berdasarkan manfaat perawatan

  • Rawat inap: Menanggung biaya perawatan inap di rumah sakit, termasuk biaya kamar, obat-obatan, kunjungan dokter, operasi, cek laboratorium, dan lainnya.
  • Rawat jalan: Menanggung biaya pemeriksaan dan perawatan di luar rumah sakit, termasuk biaya konsultasi, obat, cek laboratorium, dan lainnya.

Melihat dari jenis polis asuransi

  • Tradisional/murni: Memberikan perlindungan biaya kesehatan saja tanpa unsur investasi.
  • Unit link: Selain perlindungan biaya rumah sakit, juga menyertakan unsur investasi.

Berdasarkan cara klaim

  • Reimbursement: Setelah mendapatkan perawatan, pasien harus membayar biaya rumah sakit terlebih dahulu dan kemudian mengajukan penggantian biaya tersebut ke perusahaan asuransi.
  • Cashless: Pasien tidak perlu membayar biaya perawatan karena perusahaan asuransi telah memberikan jaminan kepada rumah sakit bahwa tagihan pasien akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi sesuai ketentuan polis yang dimiliki nasabah.

Berdasarkan pihak penyelenggara asuransi

  • Asuransi kesehatan pemerintah: Dikeluarkan oleh pemerintah, contohnya BPJS Kesehatan di Indonesia. Biasanya memiliki kepesertaan yang bersifat wajib.
  • Asuransi kesehatan swasta: Dikelola oleh badan swasta. Keanggotaannya bersifat sukarela.

Lalu Berdasarkan pihak tertanggung

  • Asuransi kesehatan personal: Memberikan perlindungan untuk individu dan pembayaran premi dilakukan oleh pemegang polis sendiri atau orang lain.
  • Asuransi kesehatan kelompok: Memberikan perlindungan untuk sekelompok orang, misalnya karyawan dalam suatu perusahaan atau satu keluarga. Pembayaran premi dilakukan oleh perwakilan kelompok tersebut.

Berdasarkan jenis proteksi

  • Asuransi kesehatan utama: Biasanya memberikan penggantian biaya rawat inap sebagai manfaat utama, tetapi ada juga yang lebih fokus pada penggantian biaya rawat jalan.
  • Asuransi kesehatan tambahan: Tambahan manfaat selain manfaat utama, juga dikenal sebagai rider atau proteksi tambahan, untuk memaksimalkan perlindungan.

Asuransi Tambahan (Additional Protection)

Meskipun kita sudah memiliki asuransi kesehatan utama seperti BPJS Kesehatan atau asuransi dari penyelenggara swasta, asuransi tambahan tetap diperlukan. Contoh asuransi kesehatan tambahan adalah asuransi untuk proteksi penyakit kritis seperti kanker, penyakit jantung, dan sebagainya. Selain itu, kita juga dapat memiliki asuransi penggantian yang memberikan santunan harian. Santunan harian ini dibayarkan kepada nasabah meskipun biaya rumah sakit sudah ditanggung oleh asuransi utama.

Setelah mengetahui apa itu asuransi kesehatan dan jenis-jenisnya, kita dapat memilih jenis asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan kita. Baik kita masih lajang atau sudah berkeluarga, asuransi ini tetap penting. Kesehatan sangat berharga, dan kita perlu melindungi diri sendiri dan orang-orang tercinta dengan perlindungan optimal. Jangan sampai menyesal ketika sakit datang dan kita tidak mampu mengatasi dampak finansialnya.


Temukan Berita Terkini, Berita Terbaru, Berita Viral dan Berita Hari Ini dari gerubok lainnya di Google News.