Menggebrak Pasar Saham: Empat Saham Favorit Investor Asing dengan Transaksi Bersih di Atas Rp 100 Miliar

Investor Pasar Saham
Grafik Saham. (ist)

GERUBOK bisnis – Ada empat saham yang menjadi favorit bagi investor asing selama seminggu, dari tanggal 15 hingga 19 Mei 2023, dengan nilai transaksi pembelian bersih (net buy) masing-masing melebihi Rp 100 miliar.

Keempat saham tersebut adalah PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), dan PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA).

Data RTI menunjukkan nilai net buy terbesar untuk saham GOTO di pasar reguler BEI mencapai Rp 322 miliar Minggu (21/5/2023). Selanjutnya, saham BBRI memiliki net buy sebesar Rp 266,6 miliar, ICBP Rp 199,4 miliar, dan MDKA Rp 125,3 miliar.

Empat Saham yang Berhasil Menarik Dana Investor

Dengan demikian, keempat saham tersebut berhasil menarik dana investor asing sebesar Rp 913,3 miliar selama seminggu. Pada perdagangan Jumat (19/5/2023), investor asing mencatatkan net buy sebesar Rp 1,04 triliun. Sejauh ini, investor asing telah mencatatkan total net buy sebesar Rp 17,01 triliun sepanjang tahun ini.

Kedatangan investor asing ke saham GOTO terkait bergabungnya perusahaan teknologi terbesar di Indonesia tersebut sebagai konstituen indeks Morgan Stanley Capital International (MSCI) sejak tanggal 11 Mei 2023. Hal ini sesuai dengan prediksi beberapa analis dan sejalan dengan rebalancing portofolio.

Beberapa investor institusi asing yang terlihat aktif membeli saham GOTO antara lain Exchange Traded Concepts LLC, Northern Lights Fund Trust, dan JPMorgan Chase & Co.

Exchange Traded Concepts merupakan perusahaan keuangan yang fokus pada konsultasi, manajemen portofolio, dan pemasaran produk investasi yang dikenal dengan Exchange Traded Fund (ETF) alias reksa dana yang dapat diperdagangkan. Perusahaan ini berbasis di Amerika Serikat.

Sementara itu, Northern Lights Fund Trust adalah perusahaan keuangan pengelola dana investasi berbasis ETF yang juga berbasis di Amerika Serikat. JPMorgan Chase & Co, di sisi lain, merupakan salah satu bank investasi terbesar di dunia.

Sebelumnya, analis MNC Sekuritas, Andrew Susilo, mengungkapkan bahwa keikutsertaan GOTO sebagai konstituen indeks MSCI berpotensi menarik dana asing hingga US$ 300 juta atau sekitar Rp 4,4 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *