Lulusan Jurusan Ekonomi Syariah Miliki Peluang Kerja Terbuka, Ini Rekomendasi Kampus Terbaiknya

jurusan ekonomi syariah
Ilustrasi mahasiswi. (IST)

GERUBOK bisnis | Indonesia merupakan negara yang memiliki umat Islam terbesar di dunia, sehingga bagi Anda mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah memiliki peluang kerja yang terbuka.

Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, perhatian terhadap ekonomi syariah telah meningkat pesat. Prinsip-prinsip yang mendasari ekonomi syariah, yang berdasarkan pada ajaran Islam, menawarkan pendekatan yang unik dan beretika dalam dunia keuangan dan bisnis.

Salah satu langkah konkret dalam mengembangkan ekonomi syariah adalah melalui pendidikan, di mana jurusan ekonomi syariah hadir sebagai pilihan menarik bagi mereka yang tertarik dengan hubungan harmonis antara ekonomi dan agama Islam.

Menariknya Jurusan Ekonomi Syariah:

Pemahaman Ekonomi Syariah

Ekonomi syariah adalah sistem ekonomi yang berdasarkan pada prinsip-prinsip Islam, termasuk larangan riba (bunga), gharar (ketidakpastian), maysir (perjudian), dan larangan investasi dalam sektor yang diharamkan dalam Islam seperti alkohol dan produk babi. Pada dasarnya, ekonomi syariah menekankan prinsip keadilan, kesetaraan, dan tanggung jawab sosial dalam aktivitas ekonomi.

Pembelajaran dalam Jurusan Ekonomi Syariah

Jurusan ekonomi syariah menawarkan kurikulum yang mencakup mata pelajaran dasar ekonomi seperti mikroekonomi, makroekonomi, statistik, dan manajemen keuangan, namun dengan pendekatan yang berbeda.

Kurikulum ini juga mencakup pemahaman mendalam mengenai prinsip-prinsip ekonomi syariah, hukum Islam terkait keuangan, lembaga keuangan syariah, produk dan instrumen keuangan syariah, serta etika bisnis Islam.

Manfaat Mengambil Jurusan Ekonomi Syariah:

Keterampilan yang Berharga

Mengambil jurusan ekonomi syariah akan memberikan pemahaman yang mendalam mengenai prinsip-prinsip ekonomi Islam dan penerapannya dalam kehidupan nyata. Hal ini akan membekali mahasiswa dengan keterampilan yang berharga dalam mengelola keuangan pribadi, bisnis, dan lembaga keuangan syariah.

Peluang Karir yang Luas

Industri keuangan syariah terus berkembang di berbagai negara. Lulusan jurusan ekonomi syariah memiliki peluang karir yang luas di lembaga keuangan syariah, perusahaan asuransi syariah, manajemen aset syariah, lembaga pengawas keuangan, konsultan keuangan syariah, dan banyak lagi. Permintaan akan tenaga kerja yang memiliki pemahaman mendalam mengenai ekonomi syariah terus meningkat.

Nilai Etika dan Sosial

Mahasiswa jurusan ini belajar prinsip-prinsip keadilan, tanggung jawab sosial, dan etika bisnis yang baik. Lulusan jurusan ini diharapkan memiliki pemahaman yang lebih dalam mengenai konsep-konsep tersebut dan mampu mengaplikasikannya dalam praktik ekonomi dan bisnis sehari-hari.

Kontribusi pada Pembangunan Berkelanjutan: Ekonomi syariah juga memiliki fokus pada pembangunan berkelanjutan dan pemberdayaan sosial. Lulusan jurusan ekonomi syariah dapat berperan dalam mengembangkan model ekonomi yang berkelanjutan, mengurangi kesenjangan sosial, dan mempromosikan inklusivitas dalam aktivitas ekonomi.

Jika Anda memiliki minat dalam ekonomi dan ingin memadukan dengan prinsip-prinsip Islam, jurusan ekonomi syariah dapat menjadi pilihan yang tepat untuk masa depan Anda.

Berikut ini ada rekomendasi kampus yang memiliki Jurusan Ekonomi Syariah terbaik di Indonesia:

1. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memiliki Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah). Bahkan sejak 10 Oktober 2020 lalu, jurusan ini mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

2. Universitas Muhammadiyah Magelang

Kampus swasta yang berada di Jawa Tengah ini membuka Program Studi S1 Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah). Sejak 2019 lalu, jurusan ini sudah akreditasi A dari BAN-PT.

3. UIN Walisongo Semarang

UIN Walisongo Semarang memiliki Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah). Akreditasi jurusan ini A BAN-PT sejak 2 November 2020 lalu.

4. Institut Pertanian Bogor

IPB membuka Jurusan Ilmu Ekonomi Syariah meski bukan kampus yang berbasiskan agama Islam. Bahkan sejak 2018 lalu sudah mendapatkan akreditasi dari BAN-PT.

5. UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) UIN Sunan Gunung Djati Bandung berada di bawah Fakultas Syariah dan Hukum. Jurusan ini mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT pada 5 Mei 2020 lalu.

6. Institut Agama Islam Tazkia Bogor

Institut Agama Islam Tazkia merupakan perguruan tinggi swasta di Bogor. Perguruan tinggi ini membuka jurusan ekonomi syariah yang sudah mendapatkan akreditasi A BAN-PT sejak 2019 lalu.

7. UIN Raden Intan Lampung

Sebelum bernama UIN Raden Intan Lampung, kampus ini bernama IAIN. Namun sejak 7 April 2017, namanya berubah jadi UIN. Pada 2019, Jurusan Muamalah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.


Temukan Berita Terkini, Berita Terbaru, Berita Viral, Berita Bisnis dan Berita Hari Ini dari gerubok lainnya di Google News.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *