Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia Tahun 2023 Versi Majalah Forbes

Indonesia

orang terkaya di dunia
Ilustrasi. (iStockphoto)

GERUBOK bisnis | Pengusaha asal Prancis, Bernard Arnault menggeser Elon Musk dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes Real Time Billionaire pada Mei 2023 lalu.

Kekayaan keluarga kepala merek fashion Louis Vuitton dan Sephora ini mencapai US$234,2 miliar. Atau sekitar Rp 3.500 triliun. Sedangkan kekayaan Elon Musk pada periode yang sama yakni US$175,8 miliar.

Keberhasilan Direktur Utama LVMH Mo√ęt Hennessy Louis Vuitton ini menempati daftar orang terkaya di dunia ini karena kekayaannya melejit. Hal ini karena keuntungannya dalam saham LVMH.

Elon Musk menempati posisi kedua dengan kekayaan sebesar US$175,8 miliar. Sedangkan pendiri Amazon, Jeff Bezos posisi ketiga dengan kekayaan mencapai US$134,2 miliar.

Pengunduran diri Jeff Bezos dari posisi CEO perusahaannya tak banyak mempengaruhi kekayaannya. Bezos telah menciptakan warisan besar melalui platform e-commerce raksasa yang revolusioner, Amazon.

Faktor

Kekayaan keluarga Bernard Arnault melejit karena beberapa faktor. Merek fashion miliknya berhasil menjadi tren di dunia. Selain itu langkah bisnisnya yang tepat berhasil meraup keuntungan.

Sukses di Dunia Bisnis

Keluarga Bernard Arnault memiliki setidaknya 75 merek fesyen dan kosmetik, termasuk merek terkenal seperti Louis Vuitton dan Sephora. Ia memiliki peran penting dalam memegang kendali kerajaan bisnisnya.

Bahkan keuntungannya dalam LVMH berhasil menambah kekayaannya sebanyak US$53 miliar dalam satu tahun terakhir. Berkat penambahan ini pula Bernard Arnault berhasil memuncaki daftar orang terkaya.

Akuisisi Tiffany & Co

Forbes mencatat bahwa pada tahun 2021, LVMH berhasil mengakuisisi merek perhiasan Amerika, Tiffany & Co, dengan harga mencapai US$15,8 miliar.

Akuisisi ini diakui sebagai yang terbesar dalam sejarah merek mewah. Langkah strategis ini memberikan kontribusi besar pada peningkatan kekayaan Bernard Arnault dan keluarganya.

Kekayaan Elon Musk Menurun

Saham mobil listrik Tesla milik Elon Musk mengalami penurunan yang signifikan sejak mengumumkan rencana akuisisi Twitter pada April 2022. Hal ini menyebabkan posisinya sebagai orang terkaya tergusur.

Saat ini berada di posisi kedua dengan total kekayaan US$175,8 miliar. Atau setara dengan Rp 2.500 triliun lebih.

Daftar Orang Terkaya

Berikut adalah daftar lengkap 10 orang terkaya di dunia menurut Forbes Real Time Billionaire:

  • Bernard Arnault & keluarga: US$234,2 miliar
  • Elon Musk: US$175,8 miliar
  • Jeff Bezos: US$134,2 miliar
  • Larry Ellison: US$121,1 miliar
  • Bill Gates: US$114 miliar
  • Warren Buffet: US$113,7 miliar
  • Carlos Slim Helu & keluarga: US$100,2 miliar
  • Larry Page: US$99,4 miliar
  • Steve Ballmer: US$96,1 miliar
  • Sergey Brin: US$95,1 miliar

Baca juga:


Temukan Berita Terkini, Berita Terbaru, Berita Viral, Berita Bisnis dan Berita Hari Ini dari gerubok lainnya di Google News.