CEO VanEck: Tidak Akan Ada ETF Bitcoin Spot di AS dalam Waktu Dekat

CEO VanEck: Tidak Akan Ada ETF Bitcoin Spot di AS dalam Waktu Dekat
Bitcoin. (ist)

GERUBOK bisnis – CEO VanEck menyatakan bahwa para investor tidak akan segera melihat penawaran ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat.

Industri kripto telah lama berharap adanya ETF Bitcoin ini di AS, namun regulator SEC masih meragukan persetujuannya.

Grayscale, sebuah perusahaan manajer investasi, telah mengajukan gugatan terhadap SEC terkait permohonan ETF Bitcoin spot dan menuduh regulator tersebut bertindak sewenang-wenang.

“Sangat tidak mungkin,” kata Van Eck pada Bitcoin 2023 Conference di Miami, AS, pada hari Kamis (19/5/2023) kemarin.

Van Eck bahkan tidak optimis dalam skenario dimana SEC kalah dalam gugatan Grayscale terkait Grayscale Bitcoin Trust (GBTC).

Gugatan tersebut, yang diajukan pada Juni 2022, menuduh SEC bertindak sewenang-wenang, berubah-ubah, dan diskriminatif dalam menolak perubahan GBTC menjadi ETF Bitcoin spot.

Van Eck berpendapat bahwa proses hukum yang dilakukan oleh Grayscale akan berjalan lambat.

“Jadi, saya tidak melihat hal itu terjadi dalam setahun setengah ke depan,” ujarnya, sebagai pimpinan perusahaan manajer investasi VanEck.

Van Eck juga membahas pengajuan terbaru dari penerbit ETF lain terkait upaya meluncurkan produk ETF Ether (ETH) futures.

Berdasarkan laporan FT pada Rabu (17/5) kemarin, setidaknya ada 5 penerbit ETF yang mengajukan permohonan untuk meluncurkan ETF Ether futures.

Namun, Van Eck mengatakan bahwa setidaknya 3 ETF tersebut telah ditarik atau diubah hanya beberapa hari setelah diajukan.

“SEC akan memperlambat prosesnya. Mereka memiliki banyak alat pengaturan,” tambahnya. (K)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *